Search

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 25 Januari 2013

Definisi dan Fungsi SEO (Search Engine Optimization)


Definisi dan Fungsi SEO (Search Engine Optimization)

Anda pasti sudah pernah mendengar akronim SEO. Apa itu? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Sangat bermanfaat bagi kita-kita yang memanfaatkan internet sebagai media informasi, promosi atau tempat jualan. Sayang, sebagian pemilik web atau blog, terutama para pendatang baru,  belum begitu paham akan definisi dan fungsinya bagi eksistensi web atau blog mereka di dunia maya.  Padahal, persaingan antar web semakin meningkat. Oke, siapa yang ingin tetap eksis? Mari kita pelajari bersama… ^__^ Baiklah, kita mulai dari definisinya dulu. SEO (Search Engine Optimiz
ation) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Nah, misalnya saja Anda memiliki sebuah situs yang menyediakan free download musik. Coba Anda pergi ke search engine, misalnya Google, lalu ketikkan salah satu lagu yang siap didownload dari situs Anda. Perhatikan, apakah situs Anda muncul di deretan utama hasil pencarian? Jika tidak ada, itu artinya situs Anda kemungkinan akan terancam sepi pengunjung. Nah, waktunya bagi Anda untuk mempelajari SEO ini. Jadi, tujuan dari SEO adalah jelas, supaya web/blog kita selalu berada di halaman terdepan dan teratas dari suatu search engine. Dengan selalu diatas, besar kemungkinan web/blog kita sering dikunjungi. 


Ada yang menyatakan bahwa SEO adalah proses yang sangat khusus dalam membangun sebuah website yang berhasil. Alasannya, karena sebuah website komersial tidak dikatakan berhasil jika tidak dapat ditemukan dalam Search Engine Utama ini adalah tugas dan tantangan webmaster untuk mengoptimalkan sebuah website dengan cara memperbaiki struktur tag-tag HTML tertentu pada halaman web. Sebuah alasan yang sangat masuk akal karena bagaimana mungkin mendatangkan pengunjung, meningkatkan traffic dan mendapatkan Page Ranking pada Website, jika halaman-halaman kita tidak dapat ditemukan dalam mesin pencari utama seperti Google, Yahoo, MSN Live Search dll. Sebagai seorang internet marketer, pemahaman tentang SEO merupakan salah satu skill yang dibutuhkan dalam memasarkan produk / jasa. Karena kebanyakan pengunjung dalam mencari info selalu menggunakan search engine dengan memanfaatkan kata kunci dengan harapan akan mendapatkan info yang relevan. Jadi, untuk promosi website, SEO adalah cara yang efektif untuk meningkatkan Traffic yang nantinya akan memberikan banyak pengunjung sehingg` penjualan yang terjadi melalui rekomendasi web kita pun diharapkan akan meningkat.

Maka, dapat disimpulkan bahwa fungsi & tujuan SEO adalah sbb :

  1. Menaikkan pageranking sebuah website agar selalu terindex pada search engine sehingga dapat ditampilkan dihalaman utama.
  2. Mendatangkan trafik / pengunjung ke website melalui Search Engine.
  3. Membantu meningkatkan pencapaian target penjualan melalui Rekomendasi web.
  4. Meminimalkan biaya pemasaran online.
Mengenai tips jitu SEO, akan kita pelajari bersama di artikel lainnya ya… Salam sukses ^__^
http://penuhtawa.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive